Siapakah artis Asia paling populer? Mungkin saja beberapa remaja lelaki akan menyebut SNSD atau grup vokal Korea Selatan yang lainnya. Mungkin pula sekelompok remaja perempuan akan menyebut Lee Min Ho atau Jerry Yan.

Akan tetapi, suka tak suka kita harus mengakui sebuah band legendaris Jepang, L’Arc~en~Ciel sebagai artis Asia paling populer. Apa saja tolok ukurnya?

L’Arc~en~Ciel di Dunia

L’Arc~en~Ciel, band yang digawangi oleh Hyde (vocal), Tetsu (bass), Ken (gitar), dan Yukihiro (drum) adalah band Jepang pertama yang melakukan konser di Amerika Serikat. Konser tersebut dilakukan di Baltimore pada 2004.

Belum cukup, L’Arc~en~Ciel juga mencatatkan diri setidaknya sejajar dengan Muse karena sama-sama mampu menggelar konser di Le Zenith, Paris. L’Arc~en~Ciel melakukan konser tersebut pada 2008 setelah mengunjungi beberapa negara di Asia.

Di Jepang, penjualan album L’Arc~en~Ciel mungkin tidak sedahsyat penjualan album artis Ayumi Hamasaki. Akan tetapi, L’Arc~en~Ciel adalah salah satu dari sedikit artis yang album atau singlenya selalu berada di posisi #1 atau #2 dalam Oricon Chart, chart terlaris Jepang yang selalu menjadi tolok ukur penjualan album.

Bahkan, album Ark dan Ray yang dirilis L’Arc~en~Ciel pada 1999 berturut-turut terjual 2,9 juta dan 2,2 juta kopi. Selanjutnya, bisa dibuktikan bahwa L’Arc~en~Ciel adalah salah satu band yang lagunya paling banyak diunduh atau dibajak di Asia, atau mungkin di dunia dan di Indonesia.

L’Arc~en~Ciel di Indonesia

Kepopuleran L’Arc~en~Ciel di Asia merembet juga ke Indonesia. Pada 2003, Sony Music Indonesia pernah merilis album mereka, Clickled Best Singles 13 yang sebenarnya sudah dirilis di Jepang pada 2001. Album tersebut adalah album the best of-nya L’Arc`en~Ciel.

Perilisan album ini dilanjutkan dengan perilisan album-album lain, Smile (2004), Awake (2005), dan Kiss (2007). Sayang, setelah perilisan ini, banyak band Indonesia yang meniru L’Arc~en~Ciel. Band J’rocks yang terkenal dengan lagu Fallin’ in Love, misalnya.

Band ini hampir pasti menjiplak semua lagu L’Arc~en~Ciel. Misalnya, lagu Topeng Sahabat menjiplak lagu Shinshoku ~lose control~, lagu Selamat Tinggal Kekasihku menjiplak The Fourth Avenue CafĂ©, lagu Ceria menjiplak C’est La Vie, dan sederet lagu lain. Sayang sekali, padahal di Indonesia J’Rocks dianggap sebagai band yang membawa nafas baru bagi dunia permusikan.

Rekomendasi Lagu

Saat ini, L’Arc~en~Ciel sedang mengalami hiatus. Vokalisnya, Hyde, mempunyai band baru bernama VAMPS. Tetsuya, Ken, dan Yukihiro malah menjajal kemampuan mereka dalam bernyanyi dalam solo project masing-masing. Kabarnya, L’Arc~en~Ciel baru akan tampil kembali pada 2011 dalam acara ulang tahun ke-20 mereka.

Sambil menunggu saat itu, tidak ada salahnya jika Anda menjajal lagu-lagu berikut yang akan membuat Anda jatuh cinta pada L’Arc~en~Ciel, misalnya Winter Fall, Hitomi no Jyuunin, Yuki no Ashiato, Link, Ready Steady Go, Honey, dan sederet lagu lain.

0 komentar:

Posting Komentar